NBI : 1461404927
KONSEP
KEWIRAUSAHAAN
Konsep dari kewirausahaan adalah
membantu untuk memahami aspek variasi kewirausahaan dengan cepat
mengidentifikasi segala bentuk kesempatan yang cemerlang dalam hal berbisnis.
Ada 3 model kerumitan dalam berkompetensi di bidang berbisnis yaitu 1. Kesetiaan
, 2. Kesadaran , 3. Keaslian. Berbagai rincian dari kompetensi ini diuraikan
untuk menjelaskan pola perilaku seorang pengusaha / pebisnis. Model ini
memperlakukan perilaku pengusaha sebagai hasil variable daan mengakui bahwa ada
variasi yang signifikan dalam perilaku pengusaha satu dengan yang lain. Model
kebingungan akal ini menjelaskan dan memberikan kontribusi terhadap teori
kemajuan dan menghasilkan hipotesis penelitian baru.
Berikut
Definisi-Definisi yang dikemukakan oleh para pangusaha yang ada di dunia :
1. Schumpeter (1934) : “ Seorang
kewirausahaan adalah orang yang melakukan kombinasi baru yang menyebabkan diskontinuitas. Mereka
melakukan kombinasi baru mencakup kualitas yang baik , metode produksi yang
baru , pembukaan pasar baru atau penaklukan sumber bahan baku baru .
2. Hoselitz (1960) : “ Pengusaha adalah orang yang membeli
pada harga yang tertentu dan menjual dengan harga yang tidak pasti .
3. Leibenstein (1968) : “ Seorang
pengusaha adalah orang yang marsekal semua sumber daya yang diperlakukan untuk
memproduksi dan memasarkan produk yang menjawab kekurangan pasar.
4. Kirrzner (1985) : “ Seorang pengusaha adalah orang
yang dianggap peluang keuntungan dan memulai tindakan untuk memenuhi kebutuhan
saat ini yang belum puas.
5. Cole (1968) : “ Kewirausahaan adalah
kegiatan yang bertujuan untuk memulai , mempertahankan dan mengembangkan bisnis
yang berorientasi keuntungan.
MODEL
PERILAKU PENGUSAHA
Model heuristic menyajikan
perilaku-perilaku kewirausahaan melalui integrasi dan augmentasi literature
yang ada. Model – model tersebut meliputi 5 faktor utama yaitu :
1. Faktor
Latar Belakang ( Demografi dan karakteristik Psikologis )
2. Sikap
3.
Situasi
4.Niat
5. Akal
kewirausahaan dan perilaku kewirausahaan.
KOMPONEN
AKAL KEWIRAUSAHAAN
Kompetensi Kognitif
1. Kemampuan Untuk menganalisa dan
memahami informasi dalam jumlah besar.
2. Kemampuan untuk mengambil resiko
3. Inovasi
4. Toleransi untuk ketidakjelasan
dan ketidakpastian
Kompetensi Afektif
1. Kemampuan untuk mengontrol
perasaan depresi
2. Keinginan kompetitif untuk unggul
3. Kemampuan untuk bertahan
4. Tinggi keinginan untuk bertahan
5. Ketidakpuasan dengan status quo
Kompetensi berorientasi – aksi
1. Kemampuan untuk mengambil alih
dan memimpin karyawan
2. Kemampuan untuk mempengaruhi
lembaga-lembaga eksternal
3. Kemampuan untuk menemukan marshal
dan kontrol sumber daya
4. Kemampuan untuk membangun
jaringan yang kuat
Singkatnya , model konseptual yang
disajikan disini dapat dilihat sebagai lensa untuk melihat pola yang
berbeda-beda dari perilaku kewirausahaan. Upaya terakhir untuk belajar
berwirausaha / berbisnis agar lebih difokuskan pada 3 faktor kunci yaitu : (a)
Faktor apa yang menyebabkan munculnya pengusaha , (b) Bagaimana pengusaha
berperilaku dan (c) Apa hasil dari kewirausahaan . Sedangkan model ini mencoba
untuk memberikan jawaban yang lebih baik untuk pertanyaan pertama , harus
diakui bahwa hal itu juga merupakan keberangkatan yang signifikan dari model
yang sudah ada.
0 comments:
Post a Comment