Monday 30 March 2015

KONSEP KEWIRAUSAHAAN

Nama : Misbach Surury
NBI    : 1461404927


KONSEP KEWIRAUSAHAAN

            Konsep dari kewirausahaan adalah membantu untuk memahami aspek variasi kewirausahaan dengan cepat mengidentifikasi segala bentuk kesempatan yang cemerlang dalam hal berbisnis. Ada 3 model kerumitan dalam berkompetensi di bidang berbisnis yaitu 1. Kesetiaan , 2. Kesadaran , 3. Keaslian. Berbagai rincian dari kompetensi ini diuraikan untuk menjelaskan pola perilaku seorang pengusaha / pebisnis. Model ini memperlakukan perilaku pengusaha sebagai hasil variable daan mengakui bahwa ada variasi yang signifikan dalam perilaku pengusaha satu dengan yang lain. Model kebingungan akal ini menjelaskan dan memberikan kontribusi terhadap teori kemajuan dan menghasilkan hipotesis penelitian baru.
Berikut Definisi-Definisi yang dikemukakan oleh para pangusaha yang ada di dunia :
1. Schumpeter (1934) : “ Seorang kewirausahaan adalah orang yang melakukan kombinasi baru  yang menyebabkan diskontinuitas. Mereka melakukan kombinasi baru mencakup kualitas yang baik , metode produksi yang baru , pembukaan pasar baru atau penaklukan sumber bahan baku baru .
2. Hoselitz (1960)        : “ Pengusaha adalah orang yang membeli pada harga yang tertentu dan menjual dengan harga yang tidak pasti .
3. Leibenstein (1968) : “ Seorang pengusaha adalah orang yang marsekal semua sumber daya yang diperlakukan untuk memproduksi dan memasarkan produk yang menjawab kekurangan pasar.
4. Kirrzner (1985)       : “ Seorang pengusaha adalah orang yang dianggap peluang keuntungan dan memulai tindakan untuk memenuhi kebutuhan saat ini yang belum puas.
5. Cole (1968)             : “ Kewirausahaan adalah kegiatan yang bertujuan untuk memulai , mempertahankan dan mengembangkan bisnis yang berorientasi keuntungan.

MODEL PERILAKU PENGUSAHA

            Model heuristic menyajikan perilaku-perilaku kewirausahaan melalui integrasi dan augmentasi literature yang ada. Model – model tersebut meliputi 5 faktor utama yaitu :
1. Faktor Latar Belakang ( Demografi dan karakteristik Psikologis )
2. Sikap
3. Situasi
4.Niat
5. Akal kewirausahaan dan perilaku kewirausahaan.

KOMPONEN AKAL KEWIRAUSAHAAN

Kompetensi Kognitif
1. Kemampuan Untuk menganalisa dan memahami informasi dalam jumlah besar.
2. Kemampuan untuk mengambil resiko
3. Inovasi
4. Toleransi untuk ketidakjelasan dan ketidakpastian

Kompetensi Afektif
1. Kemampuan untuk mengontrol perasaan depresi
2. Keinginan kompetitif untuk unggul
3. Kemampuan untuk bertahan
4. Tinggi keinginan untuk bertahan
5.  Ketidakpuasan dengan status quo

Kompetensi berorientasi – aksi
1. Kemampuan untuk mengambil alih dan memimpin karyawan
2. Kemampuan untuk mempengaruhi lembaga-lembaga eksternal
3. Kemampuan untuk menemukan marshal dan kontrol sumber daya
4. Kemampuan untuk membangun jaringan yang  kuat

            Singkatnya , model konseptual yang disajikan disini dapat dilihat sebagai lensa untuk melihat pola yang berbeda-beda dari perilaku kewirausahaan. Upaya terakhir untuk belajar berwirausaha / berbisnis agar lebih difokuskan pada 3 faktor kunci yaitu : (a) Faktor apa yang menyebabkan munculnya pengusaha , (b) Bagaimana pengusaha berperilaku dan (c) Apa hasil dari kewirausahaan . Sedangkan model ini mencoba untuk memberikan jawaban yang lebih baik untuk pertanyaan pertama , harus diakui bahwa hal itu juga merupakan keberangkatan yang signifikan dari model yang sudah ada.


           

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

 
biz.